Penyebab Kanker Payudara

INI BLOG - Maaf sebelumnya kalau sedikit vulgar, namun artikle ini sangat bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum dan menakutkan yang menyerang wanita. Namun bukan berarti bahwa setiap benjolan payudara berarti kanker payudara. Karena ada beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan keluhan benjolan pada daerah payudara. Karena itu, mari kita mengenal lebih jauh tentang kanker payudara!

Apa itu kanker payudara?

Kanker payudara adalah jaringan kanker yang berkembang dari jaringan payudara, khususnya pada lapisan yang melapisi saluran susu. Jaringan payudara pada kanker payudara dapat bertumbuh secara tidak normal, dan tidak dapat dikontrol oleh tubuh. Pada tahap lanjut, jaringan payudara ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh lain , bahkan diluar payudara.

Terdapat berbagai faktor risiko kanker payudara :

1.   Pola Makan
Kanker payudara berhubungan dengan pola makan yang tinggi lemak, kegemukan dan konsumsi alkohol. Meskipun demikian, terdapat beberapa makanan yang sifatnya mencegah kanker payudara.

2.   Merokok 
Individu yang merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Karena rokok mengandung zat yang dapat mempercepat pertumbuhan kanker payudara.

3.   Genetik
Genetik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Salah satu faktor genetik yang (diduga) berhubungan dengan kanker payudara adalah perubahan atau mutasi dari gen yang disebut BRCA1 dan BRCA2. Individu dengan perubahan atau mutasi gen ini dapat memiliki peningkatan risiko terjadinya kanker payudara bahkan sampai 60-80% dibandingkan mereka yang tanpa mutasi. 

Ciri - ciri kanker payudara

Kanker payudara memiliki beberapa karakteristik yang perlu Kamu perhatikan. Seorang dengan kanker payudara dapat mengeluh adanya benjolan yang berbatas tidak tegas. Kadang benjolan ini terlihat ketika menggerakkan lengan atau mengangkat lengan Kamu. Selain itu lekukan atau penarikan kulit payudara ke dalam juga dapat terjadi pada kanker payudara.
Gejala lain yang dapat kamu alami adalah keluarnya cairan berdarah dari puting susu. Puting susu juga dapat terlihat berubah posisi dan tidak simetris antara payudara kiri dan kanan. Perhatikan juga benjolan di tempat lain, khususnya bagian lipat ketiak. Coba lakukan perabaan pada bagian ini, dan rasakan apakah ada benjolan yang tidak biasa pada bagian ini.

Kenalilah payudara kamu sebelum terlambat !!

Mendeteksi kanker pada tahap awal berarti pengobatan yang lebih efektif dan persentase keselamatan yang lebih besar. Salah satu cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara mandiri. Cara ini mudah dilakukan karena kamulah yang paling mengetahui perubahan payudara Kamu sendiri!

Lakukanlah pemeriksaan ini di depan cermin, lihat apakah payudara Kamu simetris, apakah terdapat benjolan, apakah terdapat penarikan kulit atau cairan yang keluar. Lakukanlah perabaan pada semua bagian payudara mulai dari dasar sampai bagian puting. Carilah benjolan atau mungkin terasa daerah yang nyeri jika ditekan. Lakukanlah pemeriksaan ini secara rutin, dengan demikian kamu dapat mengetahui perubahan sekecil apapun.

Pemeriksaan rutin kanker payudara seperti mamografi juga dapat kamu lakukan untuk meminimalisir risiko kanker payudara, konsultasikanlah dengan dokter Kamu sebelum melakukan pemeriksaan ini! 

oleh : dr. Alvin Nursalim
Anggota Redaksi Medis
Kedokteran Umum

Title: Penyebab Kanker Payudara
Posted by:Unknown
Published :2016-02-13T22:54:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Penyebab Kanker Payudara
Share on Google Plus

About Unknown

Hello, my name is Achmad Hanif. I'am live in Bangkalan, Madura Island.

0 komentar: