Cara Mencegahnya Kram atau Sakit Perut saat Haid

INI BLOG - Kram perut saat haid merupakan hal normal yang terjadi pada setiap wanita yang sedang mengalami haid. Namun terkadang, terjadinya kram perut ini membuat rasa yang tidak nyaman dan menganggu aktivitas sehari-hari.
Mengapa kram perut ini bisa terjadi? Selama periode haid, terjadi pelepasan hormon prostaglandin dan mediator inflamasi (peradangan) yang akan merangsang uterus untuk berkontraksi.
Ketika terjadi kontraksi otot uterus, pembuluh darah di sekitarnya akan ikut mengecil secara teratur sehingga terjadi pengurangan pasokan darah ke jaringan endometrium dan kemudian jaringan menjadi rusak dan mati.
Kontraksi uterus kemudian berlanjut sehingga ikut melepaskan jaringan endometrium yang sudah tua dan mati keluar melalui serviks (leher rahim) menuju vagina. Kontraksi uterus dan kurangnya pasokan oksigen sementara yang berada di jaringan sekitar ikut bertanggung jawab akan timbulnya nyeri atau kram perut yang dialami selama haid.

Berikut beberapa cara untuk mencegah kram perut saat haid:

  • Konsumsi obat antinyeri
Obat antinyeri yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda mengalami masalah kram perut saat haid adalah obat antinyeri yang memiliki kandungan parasetamol dan hyoscyami, karena selain dapat membantu mengatasi masalah kram perut, obat antinyeri yang mengandung parasetamol dan hyoscyami juga dapat membantu mengatasi masalah nyeri saat haid.
  • Konsumsi suplemen kalsium dan magnesium
Rutinlah mengonsumsi suplemen kalsium dan magnesium setiap bulan, karena kedua asupan ini membantu dalam relaksasi otot di dalam tubuh. Asupan kalsium yang disarankan adalah 1000 mg perhari, sedangkan magnesium yang disarankan adalah 500 mg perhari.
  • Konsumsi teh
Teh yang terbuat dari daun raspberry diketahui dapat membantu mengurangi kontraksi Rahim. Cobalah untuk mengonsumsi teh daun raspberry setiap hari guna mencegah nyeri kram perut saat haid.
  • Perbanyak asupan sayuran hijau
Sayuran hijau banyak mengandung magnesium dan kalsium yang dapat menjaga relaksasi otot di dalam tubuh.
  • Menghentikan asupan kopi
Kopi mengandung kafein yang dikenal sebagai vasokonsriktor yang dapat membuat pembuluh darah mengecil sehingga akan memperparah nyeri saat haid karena pembuluh darah yang menyuplai darah ke rahim akan semakin menyempit.
  • Rutin melakukan olahraga
Wanita yang rutin melakukan olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri saat haid. Dengan latihan fisik atau berolahraga secara teratur, peredaran darah Anda akan semakin lancar dan tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

Itulah artikle mengenai cara mencegah Kram Perut saat Haid, semoga artikle ini bermanfaat.
Ditulis oleh:
dr. Dyah Novita Anggraini
dr. Dyah Novita Anggraini
Anggota Redaksi Medis
Kedokteran Umum

keyword : 

menstruasi saat hamil , menstruasi sakit , tanda tanda menstruasi pada wanita , pengertian menstruasi, menstruasi tidak teratur, sakit perut saat haid hari pertama , sakit perut saat menstruasi apakah berbahaya, penyebab sakit perut saat haid dan cara mengatasinya

Title: Cara Mencegahnya Kram atau Sakit Perut saat Haid
Posted by:Unknown
Published :2016-02-13T10:23:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Mencegahnya Kram atau Sakit Perut saat Haid
Share on Google Plus

About Unknown

Hello, my name is Achmad Hanif. I'am live in Bangkalan, Madura Island.

0 komentar: